Sabtu, 26 Mei 2012

06.36
Bahan membuat donat yang dimaksud sebagai berikut :
  • 14 g ragi untuk mengembangkan adonan donatnya.
  • 50 ml air hangat
  • 355 ml susu cair hangat
  • 100 g gula pasir untuk memberikan rasa pada donatnya.
  • 6 g garam
  • 2 btr telur
  • 68 g mentega
  • 625 g tepung terigu
  • 1000 ml minyak goreng, untuk menggoreng donatnya.
Jika anda berminat membuat donat dalam skala besar, maka cukup lipatgandakan takaran cara membuat donat di atas.

Nah jika anda sudah menyiapkan semua bahan dalam belajar cara membuat donat tersebut, saatnya mulai membuatnya, mulai dari mencampur bahan, menggoreng, dan memberikan hiasan atau rasa pada bagian atas donat tersebut. Dan perlu diingat bahwa cara membuat donat yang kami berikan merupakan bahan dasar pembuatan donat saja dan belum di kasih tambahan rasa dan hiasan donatnya. Untuk tambahannya nanti di akhir pembuatan donat ini anda bisa menambahkan coklat, keju atau yang lainnya.

Cara membuat donat Versi 1
  1. Campurkan terlebih dahulu terigu bersama garam dapur, fermipan dan baking powder aduk rata sampai benar-benar tercampur rata semua, lalu buatlah adonan donat tersebut berbentuk seperti waduk (dibuat lubang tengahnya) hal tersebut digunakan untuk menampung adonan donat selanjutnya.
  2. Jika adonan di atas sudah, selanjutnya anda buat adonan donat tambahan lagi dari mencampurkan gula halus dengan kuning telur kocok hingga berbusa. Jika sudah siap masukkan adonan telur ini ke dalam adonan  yang berupa tepung terigu tadi yang sudah di beri lubang untuk menampung adonan telur.
  3. Jika sudah aduk adonan donat tersebut pelan-pelan sambil di beri sedikit demi sedikit mentega cair dan susu. Aduk terus adonan hingga benar-benar tercampur merata semua.
  4. Kalau sudah tercampur uleni adonan tersebut hingga kalis.
  5. Banting-banting adonan donat yang sudah siap beberapa kali lalu diamkan dengan menutupnya pakai kain basah sekitar 30 menit agar adonan mengembang.
  6. Jika adonan donat sudah mengembang, bentuk adonan tersebut bulat dan berlubang tengahnya namun jangan besar-besar buatlah beberapa dari adonan tersebut lalu diamkan lagi agar mengembang.
  7. Untuk bagian akhir jika adonan donat sudah setengah jadi selanjutnya menggoreng donat tersebut di wajan yang penuh minyak goreng (seperti saat menggoreng krupuk) hingga berwarna kecoklatan atau tandanya sudah matang.
Cara membuat donat versi 2
  1. Rendam ragi dalam air hangat sebagai bahan pengembang donat, diamkan selama 5 menit, atau hingga berbusa.
  2. Campur beberapa bahan berupa ragi, susu, gula, garam, telur, mentega, 2 cup tepung terigu. Kocok dalam kecepatan rendah, atau kocok dengan sendok berbahan kayu. Masukkan sisa tepung, kocok hingga adonan donat kalis. Aduk hingga 5 menit atau hingga elastis.
  3. Tempatkan adonan dalam wadah dan tutup, diamkan di tempat yang hangat hingga ukurannya menjadi dua kali lipat. Adonan donat siap dibentuk.
  4. Taburi tepung dan gilas dengan lembut hingga 1,3 cm tebalnya. Cetak dengan cetakan donat. Biarkan donat tersebut mengembang hingga dua kali lipat. Tutupi adonan dengan serbet bersih.
  5. Membuat pelapis donat: Cairkan mentega hingga setengah leleh, masukkan gula castor dan vanila hingga tercampur rata, angkat dan aduk dalam air panas tambah sedikit air.
  6. Panaskan minyak dan goreng donat hingga matang atau kuning keemasan.
  7. Celupkan salah satu permukaan pada pelapis selagi panas, dan taburi dengan almond.
  8. Sajikan donat selagi hangat atau dalam keadaan dingin.
Sengaja diberikan 2 macam cara membuat donat agar anda bisa mempraktekkannyasesuai dengan cara membuat donat yang anda senangi. Atau mungkin anda gagal cara membuat donat yang satu, bisa mencobanya pada cara membuat donat yang kedua.
 
Bahan pelapis membuat donat
  • 76 g mentega
  • 250 g gula castor
  • 8 ml vanila
  • 60 ml air panas, jika diperlukan
  • 100 g almond, panggang sebentar. Atau sesuai hiasan yang diinginkan ketika membuat donat sendiri. Jenis bahan hiasan pada cara membuat donat kali ini tidak mesti ditiru, tergantung selera donat yang disukai
Cara membuat lubang ditengah donat yang benar.

Sebenarnya tidak banyak yang mengulas cara membuat lubang di tengah donat agar bulatnya pas seperti donat yang dijual kebanyakan. Pada cara di atas sudah disebutkan dengan cara membuat lubang kecil di tengah. Betul, cara melubangi donat sebelum dimasak sebenarnya tidak perlu terlalu besar karna rahasia membuat lubang donat yang benar sebenarnya ketika donat tersebut digorengCara melubangi donat ketika digoreng yaitu dengan cara menggunakan sumpit yang terbuat dari kayu. Caranya, pada saat donat sedang digoreng dengan minyak yang banyak dan donat tersebut mengambang di atas minyak, maka anda cukup dengan memasukkan sumpit kayu di tengah lubang donat yang telah dilubangi kecil sebelumnya sambil digoyang-goyangkan dengan arah berputar-putar. Dengan cara demikian maka lubang kecil ditengah donat tersebut akan membesar dengan seimbang sedikit demi sedikit sampai didapatkan lubang donat yang sesuai dengan keinginan anda.

Nilai gizi dalam donat per porsi:

Energi: 209 Kkal
Protein: 4,1 g
Lemak: 6,3 g
Karbohidrat: 33,6 g

0 komentar:

Posting Komentar